Ketua Umum BAZNAS GRESIK - Dr. H. Moh Qosim, M.Si

SUCCES STORY PENGELOLAAN ZIS BAZNAS GRESIK DALAM RANGKA RAKERDA BAZNAS KAB/KOTA SE-JATIM

Ketuam Umum BANZAS GRESIK - Dr. H. Moh Qosim, M.Si
Ketua Umum BAZNAS GRESIK – Dr. H. Moh Qosim, M.Si

baznasgresik.com – Pada tahun 2016 Rakerda BAZNAS Kab/kota se- Jawa Timur berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya. Yakni, dengan terbentuknya Pimpinan BAZNAS Jatim yang sesuai dengan UU No 23 tahun 2011. Agenda tahunan yang diadakan di Hotel Atria Malang pada tanggal 22- 24 Maret 2014. Dimulai dengan acara ceremony pembukaan.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan materi penguatan kelembagaan BAZNAS Prov. Kab/kota oleh Ketua BAZNAS Prov Jawa Timur Dr. Abd Salam Nawawi, M.Ag, memaparkan bahwa dari data yang masuk di BAZNAS Jatim baru 9 Kab/kota yang sudah memiliki pimpinan yang sesuai degan UU No. 23 tahun 2011 antara lain Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kab Lumajang dll. Lanjut, mantan dekan Fak. Syari’ah IAIN sunan Ampel surabaya tersebut berharap pada tahun 2016 sudah terbentuk pimpinan baznas kab/kota yang sesuai dengan UU.

Pada hari selanjutnya Rabu pagi acara dilanjutkan dengan materi penyusunan RKAT oleh Konsultan Zakat Bapak Teten Kustiawan, dan setelah dhuhur dilanjutkan materi kriteria kemiskinan oleh BPS Prov Jatim dan Malam hari dilanjutkan materi Optimalisasi Pengumpulan ZIS oleh H. Nur Hidayat dan dilanjutkan dengan  penyusunan Rekomendasi hasil Rakerda.

Rabu sore, BAZNAS Gresik berkesempatan memberikan Materi “Succes Story Pengelolan ZIS“ yang di sampaikan langsung  oleh Ketua Umum BAZNAS Gresik Dr. H. Moh Qosim, M.Si. Dalam penyampaian materinya, Ketum BAZNAS Gresik memaparkan data, bahwa Tahun 2010 BAZNAS Gresik baru bisa mengumpulkan Dana ZIS Rp. 111 juta dan Alhamdulillah pada tahun 2015 bisa mengumpulkan ZIS Rp. 3,9 M. “Keberhasilan BAZNAS Gresik tersebut tidak terlepas dari Komitmen Pengelolan ZIS antara lain 1. Bahwa pengelolaan ZIS didasari karena beribadah kepada Allah  2. Kekompakan Pemkab dengan Pengurus BAZNAS Gresik 3. Dukungan Pemerintah Kab Gresik dengan menyediakan Sarana dan Prasarana yang menunjang pengelolan ZIS antara lain gedung yang representatif, kendaran operasional dll  4. SDM amil yang memadahi” tutur Wakil Bupati Gresik tersebut.

Dalam pemaparan tersebut Ketum BAZNAS  Gresik juga menyampaikan  prestasi BAZNAS  Gresik tahun 2015  mendapat 2 penghargaan dari BAZNAS Pusat yaitu penggunaan Aplikasi SIMBAZNAS dan Bupati Gresik sebagai Pembina aktif BAZNAS kab/kota, dan diakhir presentasi H. Moh. Qosim memaparkan Program unggulan BAZNAS Gresik yaitu Gresik Cerdas, Sehat, Peduli, Berdaya dan Taqwa, “Kelima program tersebut, merupakan bentuk kepedulian bagi seluruh warga gresik dan mandirikan mustahik” ujar mantan kepala Dinas Kab. Gresik. (tadin/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Featured Video