Sosialisasi Gerakan ZAKAT PROFESI di Kemenag Kab. Gresik

baznasgresik.com – Kamis, 30 Maret 2017, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik bersilaturahim ke Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Dalam kesempatan tersebut, BAZNAS Gresik mengadakan sosialisasi Zakat Infak dan Shodaqoh dan zakat profesi kepada Jajaran Pegawai Kantor Kemenag kab. Gresik.

Acara diselenggarakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Gresik tersebut, dihadiri jajaran pegawai, pengawas dan guru di lingkungan kantor Kemenag Kab. Gresik.

Sosialisasi zakat profesi kali ini, untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya ZIS khususnya zakat profesi bagi seluruh jajajaran pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Kepala kantor BAZNAS Gresik, Muhtadin, S.Hi, menyampaikan bahwa sosialisasi zakat profesi menjadi penting untuk disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. “secara umum, untuk memupuk kesadaran para muzaki/calon muzaki untuk mengenal lebih zakat profesi berikut prosedurnya penerapannya” ujarnya.

Ditempat sama, H. MUNIR, S.Ag. M.Ag, selaku perwakilan Kantor Kemenag Kab. Gresik, memaparkan dalam sambutannya bahwa “Zakat profesi itu sifatnya wajib, sama halnya jenis usaha lainnya. Sesuai dasar hukum dan rujukan ayat Al Qur’an yang berlaku pada bentuk kasab (usaha-red) yang kita lakukan” ungkapnya.

Berikut rujukan ayat Al Qur’an terkait dengan penerapan zakat profesi dan penghasilan. “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji” Surat Al-Baqaroh: 267.

Merujuk dari perolehan infak bulanan Kemenag Kab. Gresik, maka potensi untuk Zakat Profesi masih sangat memungkinkan. Meski perlu adanya ihktiar maksimal untuk membangun kesadaran para jajaran pegawai Kantor Kemenag kab. Gresik.

Pada acara tersebut, BAZNAS Gresik menyerahkan secara simbolis Muzaki Card Plus (MCP) kepada Kasubag Tata Usaha (TU) Kemenag Gresik, H. MUNIR, S.Ag.M.Ag. Kemudian juga menyerahkan santunan yatim dan dhuafa di aula Kantor KEMENAG kab. Gresik tersebut. (Ndar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Featured Video