Silaturrahim BAZNAS Kabupaten Bangkalan

www.baznasgresik.com – Selasa, 19/9/2017 keluarga Besar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten bangkalan tiba di Kabupaten Gresik. Kehadiran BAZNAS Bangkalan disambut hangat oleh Dewan Penasehat, Dr. H. Moch. Qosim, M.Si dan Jajaran Pimpinan BAZNAS Kabupaten Gresik.

Kedatangan BAZNAS Bangkalan tersebut dalam rangka silaturrahim dan studi banding ke BAZNAS Kabupaten Gresik. Beberapa point penting terkait program unggulan dan manajerial tata kelola di BAZNAS Gresik. Dalam kunjungannya tersebut, BAZNAS Bangkalan membawa 10 personil lengkap. Baik dari jajaran pimpinan dan personalia kantor baznas kabupaten bangkalan.

Dalam sambutannya, Moh. Qosim menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa. Kunjungan tersebut, menurutnya merupakan tali asih diantara lembaga zakat yang ada di Indonesia khususnya jawa timur. Tentu, dalam kesamaan niat ibadah untuk memupuk kepedulian kepada masyarakat dhuafa’ dan para mustahik.

Lebih dari itu, himbaunya agar tetap memberi manfaat bagi sesama, melalui BAZNAS di Seluruh Indonesia. Beliau juga mengungkapkan bahwa keberhasilan BAZNAS Kabupaten Gresik dalam mengumpulkan dana ZIS tidak terlepas dari kerjasama antara tiga komponen, Pemkab Gresik, BAZNAS Gresik dan Para Muzaki.

Drs. KH. Nuruddin A. Rahman, SH selaku Ketua BAZNAS Bangkalan memberikan gambaran bahwasannya peningkatan dan perolehan dana ZIS cukup menanjak dan signifian. Meski masih perlu semaksimal mungkin upaya untuk ditingkatkan. Dari Jajaran Pegawai Pemkab Bangkalan masih perlu ekstra ihtiar untuk memakasimalkan potensi ZIS yang ada. Kemudian beliau, mengali lebih jauh terkait kerja sama dan peran aktif Pemkab Gresik terkait perolehan ZIS BAZNAS Gresik.

Kemudian lanjut, Dr. H. Moh. Qosim, M.Si Menanggapi peran aktif dan kontribusi Pemkab Gresik, menyampaikan “Mengenai Perolehan Dana ZIS, Pemerintah Kab. Gresik cukup berperan aktif. Yakni, melalui SK Bupati; Gerakan Infak Bulanan dan Zakat Profesi di masing-masing SKPD” ungkapnya.

Gerakan Infak Bulanan berlaku sejak 2013 sampai sekarang. Kemudian sebagai follow up atas kerjasama dan serta untuk menumbuhkan kesadaran Para Muzaki. Pada tehun 2016 terbitlah SK Bupati terkait Gerakan Zakat Profesi. Meski belum secara menyeluruh dijajaran SKPD maupun Pegawai Pemkab Gresik.

Agenda silaturrahim dan penyambutan terbilang cukup singkat dan padat. Kegiatan silaturrahim lebih dimaksimalkan untuk sharing bareng dan tanya jawab seputar tata kelola dan program prioritas dan unggulan di BAZNAS Gresik. Kemudian kedua pihak saling bertukar cinderamata dari masing-masing lembaga, baik BAZNAS Gresik maupun BAZNAS Bangkalan. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Featured Video