Silaturahmi ke Kadin Gresik, Baznas Gresik Ajak Peran Perusahaan di Gresik Sebagai UPZ

BaznasGresik | Sebagai bentuk apa yang diamanatkan Bupati Gresik kepada Baznas yakni, membantu mengentaskan kemiskinan di Kabupaten. Baznas Gresik melalukan kunjungan silaturahmi ke Sekretariat Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Gresik di Jalan Panglima Sudirman, Gresik.

Rombongan Baznas Gresik yang terdiri dari Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Mustoha,Kepala Pelaksana Muhatadin, Kepala Bidang Pengumpulan Abdul Kholiq, dan Staf Bidang Pengumpulan Naufal Al Maghrobi ditemui langsung Ketua Kadin Gresik M. Choirul Rizal.

Dalam kunjungannya, Baznas Gresik mengajak bersinergi bersama Kadin untuk melakukan upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gresik. Salah satunya mengajak keterlibatan peran perusahaan atau Industri sebagai pengelola zakat atau terdapat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing perusahaan.

“Kadin sendiri sudah terkoneksi dengan ribuan perusahaan di Kota Santri ini. Untuk itu kami akan menjalankan sinergitas mengajak perusahaan pro aktif UPZ di setiap perusahaan di Gresik,” ucap Waka I Baznas Gresik Mustoha, Rabu (5/10/2022).

Menurut dia, dengan adanya UPZ tersebut. Ada wujud kontribusi perusahaan di Gresik membantu dalam entaskan kemiskinan. Nantinya dari UPZ itu juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan biaya pendidikan bagi warga kurang mampu yang hendak bekerja di Perusahaan, serta bisa mewujudkan kemandirian antara Muzakki (pemberi zakat) dan mustahiq (penerima zakat).

“Ini sebuah upaya dalam menurunkan kemiskinan dan pengangguran di Gresik. Dari pengelolaan UPZ itu, akan dikelola oleh Baznas Gresik dan mendistribusikan kepada warga yang membutuhkan. Dengan demikian, sudah ada sinergi, nantinya Baznas akan berikan bantuan kepada para calon pekerja atau pelaku UMKM yang melakukan pelatihan. Yang menjadi salah satu priorotas program Vokasi di Rumah Kadin Gresik,” paparnya.

Diakuinya, selama ini masih sangat kecil keterlibatan perusahaan menjadi UPZ. Untuk itu, kedepan pihaknya berharap ada UPZ yang nantinya bisa dkelola dengan baik. Dengan penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS). “Mulai dari para Pekerja , Manager, Direksi hingga Komisaris Perusahaan bisa menyalurkan ZIS di masing-masing perusahaan,” harapnya menambahkan.

Ketua Kadin Gresik M. Choirul Rizal mengapresiasi dan nendukung niat baik Baznas Gresik. Dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik. Tentu hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan jajaran pengurus dan anggota di Kadin Gresik.

“Ada sekitar 1.700 Perusahaan yang ada di kabupaten Gresik, KADIN siap memfasilitasi untuk mendukung program Baznas Gresik dan Nawarkasa Bupati Gresik. Menurunkan angka kemiskinan,” jelasnya. (Humas Baznas Gresik)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top