Rakor UPZ di Kecamatan Dukun, Baznas Gresik Target Raih ZIS Rp 4,5 M di Bulan Ramadan

BaznasGresik | Baznas Gresik gelar rapat koordinasi (rakor) bersama para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se Kecamatan Dukun, Gresik. Rapat sekaligus pembinaan untuk para UPZ Desa dan Masjid sebagai peningkatan kinerja UPZ baik pengumpulan maupun distribusi.

Bertempat di ruang pertemuan Kecamatan Dukun, Rakor dan pembinaan tersebut menarget Rp 4,5 M bisa tercapai dari pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Kecamatan Dukun di bulan Ramadan.

Ketua Baznas Gresik H Muhammad Mujib mengatakan, dalam pembinaan dan rakor ini memaksimalkan peran UPZ di Masjid dan Desa.

“UPZ di Masjid, tidak hanya fokus pada santunan tapi juga pemberdayaan. Serta dapat meningkatkan kinerja para UPZ,” ucapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi peran dan dukungan Camat Dukun Kiki Nuriyadi, dalam kineja UPZ di Kecamatan Dukun.

“Ini salah satu kecamatan yang aktif dan sangat baik dalam pengelolaan UPZ,” ujarnya.

Muhtadin selaku Kepala Pelaksana Baznas Gresik menjabarkan, dalam kesempatan itu pihaknya mempunyai target Rp 4,5 M selama bulan Ramadan.

“Khusus bulan Ramadan target pengumpulan dari koordinator Kecamatan Dukun Rp 4, 5 M. Yang berasal dari UPZ Desa dan Masjid se Kecamatan Dukun,” urainya.

Dengan demikian ujar dia, Kecamatan Dukun termasuk paling banyak pengumpulan ZIS dari Kecamatan lainnya di Kabupaten Gresik. Dengan beberapa titik UPZ yang tersebar di desa maupun masjid.

“Di Kecamatan Dukun, UPZnya ada di setiap Desa dan Masjid. Menariknya, kalau tidak ada di Balai Desa, ada di Masjid desanya. Begitupun sebaliknya,” tuturnya.

Pihaknya berharap, Kecamatan lain di Kabupaten Gresik bisa meniru apa yang ada di Kecamatan Dukun. Peran dan keaktifan masyarakat dalam menggalakkan ZIS di UPZ desa maupun Masjid.

“Semoga nanti ada Kecamatan, yang lebih melebihi target Kecamatan Dukun. Para petugas Baznas Gresik juga jemput bola mengambil pengumpulan ZIS ke Kecamatan Dukun,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara rakor dan pembinaan tersebut Camat Dukun, Kasi Penyelenggara Zakat dan Waqaf (Zawa) Kemenag Gresik Hj. Nely Afroh Gresik, perwakilan DMI, dan KUA Kecamatan Dukun. (Humas Baznas Gresik)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top