Perdana, Baznas Gresik Gelar Program Kampung Zakat Produktif, Berharap Bisa Menanggulangi Angka Kemiskinan di Gresik

BaznasGresik— Dalam rangka turut menanggulangi kemiskinan di Gresik, Baznas Gresik gelar program Kampung Zakat Produktif. Program ini akan dipusatkan di beberapa desa di Kabupaten Gresik. Dalam menjalankan program perdana Baznas Gresik ini, ada tiga Desa yang dipilih sebagai proyek percontohan (pilot project Red). Antara lain, Desa Sooko Kecamatan Wringinanom, Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan, dan desa Petiyintunggal Kecamatan Dukun.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi program kampung zakat di tiga desa tersebut Kades, BPD, Pemdes, PKK, Kartar, tokoh agama, dan UPZ Desa.

Dalam kesempatan sosialisasi di Desa Petiyentunggal, Ketua Baznas Gresik Muhammad Mujib mengatakan, kampung zakat produktif ini adalah realisasi program Baznas Gresik tahun 2022. Bersumber dari dana zakat produktif umat. Dengan tujuan membantu pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di Gresik yang masih mencapai 12,42 %.

“Dalam menanggulangi hal tersebut kami memulai dari desa. Berharap ada peningkatan meningkat kesadaran umat di Desa untuk menunaikan zakat, infaq, dan shodaqoh melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Baznas Desa,” ucapnya, Sabtu (30/7/2022).

Untuk itu, dari UPZ yang sudah ada di tiga desa sudah ada bantuan kepada masyarakat. Rencananya dari bantuan tersebut bisa mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu. Juga membantu para pelaku UMKM di desa.

“Ada bantuan modal usaha, bedah tempat usaha, alat usaha seperti rombong dorong dan pelatihan wirausaha serta mnagemen keuangan,” ujarnya.

Kedepan pihaknya berharap pada tahun 2023 angka kemiskinan di desa bisa menurun dan dana zakat infaq shodaqoh makin meningkat.

Waka III Baznas Gresik Sholihudin Al Ayubi menambahkan, jika nanti program rumah zakat ini di tiga desa ini produktif, maka akan lebih digalakkan dan dilakukan di beberapa desa yang lain di Kabupaten Gresik.

“Bahkan kami lakukan setiap desa di seluruh Kecamatan, di Gresik,” jelasnya.

“Kami mohon doa restu masyarakat untuk suksesnya program ini. Kami juga turut berterima kasih kepada para muzaqi atas zakat yang dikeluarkan melalui Baznas Gresik,” tambahnya memungkasi.

Sementara Kades Petiyintunggal Bapak Asrof mengucapkan terima kasih banyak atas program BAZNAS ini sembari berharap semoga dapat berjalan baik sesuai harapan.

“Terima kasih banyak kepada BAZNAS Gresik atas bantuan program ini. semoga dapat berjalan baik sehingga dapat menanggulangi kemiskinan di desa kami, ujarnya. (humasbaznas)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top