Layanan Kesehatan Prima Jelang Ramadhan

0000106 0000155 0000232 0000445 DSC_0768 DSC_0781 DSC_0821 DSC_0832 DSC_0837 DSC_0847 DSC_0924 DSC_0939 DSC_0960 DSC_0968 DSC_0976

baznasgresik.com – Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, Sekitar 3 jam jarak tempuh yang harus dilalui untuk menuju pulau yang berkisar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik tersebut.

Jelang ramadan tahun ini. Di pulau yang memiliki dua kecamatan tersebut, BAZNAS Gresik, Dinas Kesehatan Gresik dan PMI Gresik akan menggelar baksos pengobatan dan layanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat Pulau Bawean. Pulau yang sebagian besar adalah nelayan dan merantau tersebut, menjadi lokasi untuk memberikan layanan kesehatan prima dan efisien bagi warga setempat.

Pada hari Rabu (25/5/2016) pengobatan gratis dan santunan yatim dhuafa’ digelar di Dusun Menara Desa Gunung teguh Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik. Antusias warga setempat cukup tinggi mengikuti acara pengobatan yang di adakan di halaman Madrasah Ibtidaiyah(MI) Al Manar tersebut.

Pengobatan gratis ini terlaksana atas kerjasama antara BAZNAS Gresik, Dinkes Gresik, RSUD Ibnu Sina, Palang Merah Indonesia (PMI) serta rumah sakit di wilayah setempat yakni RS Umar Mas’ud.

Dalam kesempatan tersebut, ketua umum baznas gresik sekaligus Wakil Bupati Gresik Moch. Qosim mengatakan, bahwa Pemkab Gresik telah berupaya keras guna menjadikan Gresik yang berkualitas dengan memberikan prioritas lebih pada aspek kesehatan masyarakat. Khususnya warga pulau bawean. sebagai bekal menjelang menunaikan puasa bulan puasa yang tinggal beberapa hari kedepan. agar badan selalu bugar dan sehat.

“Kemarin, pemkab gresik sudah melakukan pembangunan Rumah Sakit Umar Mas’ud. Ke depan kami akan terus meningkatkan dan menguatkan rumah sakit tersebut secara kelembagaan,” kata Moh. Qosim.

Camat Sangkapura. Abdul Adim, mengapresiasi kegiatan pengobatan gratis dan bakti sosial yang diadakan oleh Pemkab Gresik. Menurut dia kegiatan ini ditujukan untuk mensinyalir beragam peyakit yang diderita oleh warga Desa Gunung Teguh dan siswa/siswi MI Al Manar.

Pengobatan gratis sekaligus pemberian santunan yatim dhuafa tersebut dihadiri kurang lebih 300 warga masyarakat desa Gunung teguh Sangkapura. yang sebagian besar warga dan sebagian siswa MI Al Manar.

Di hari berikutnya, kegiatan pengobatan gratis di desa gelam kecamatan tambak (26/5/16). Kegiatan bakos di desa yang sebagian besar aktifitas keseharian warga setempat adalah  nelayan dan bertani tersebut dilaksanakan di balai desa setempat.

Sejak pagi, areal balai desa di penuhi oleh para ibu-ibu. Baru satu jam berikutnya, para bapak berduyun duyun menuju lokasi pengobatan. Setelah mereka pulang dari sawah dan kebun masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum BAZNAS gresik, Dr. H. Moh. Qosim, M.Si menyampaikan bahwa “kesehatan mempunyai dua ranah manfaat bagi warga, Pertama dalam segi medis, kesehatan adalah faktor penting dalam siklus kehidupan dan aktifitas keseharian warga. Kedua, ditinjau dari segi agama, kesehatan merupakan salah satu nikmat Tuhan yang dipertayakan paling awal diantara nikmat lainnya” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Gelam menyatakan bahwa pengobatan seperti ini sangat dibutuhkan. Karena kecenderungan warga sedikit abai akan kebutuhan dasar kesehatan. Apalagi bila musim layar bagi nelayan dan juga bertani. Yang butuh tenaga ekstra dan kesehatan prima. Sebagai penunjang aktifitas keseharian mereka.

Berdasarkan data pasien yang kami himpun, sebagian besar warga yang hadir dalam pengobatan gratis kali ini adalah para lansia, yang mengeluhkan penyakit diantaranya asam urat, kolesterol, gula, dan beberapa penyakit lainnya. []

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Featured Video