BAZNAS GRESIK SALURKAN BANTUAN UNTUK PELAKU USAHA KECIL SENILAI 12 JUTA UNTUK 4 ORANG

Gresik, 22/7/2020

Ditengah melemahnya ekonomi akibat pandemi sangat berdampak pada para pelaku usaha baik usaha mikro maupun makro, kebanyakan omsetnya menurun sampai 70%.

Seperti yang dialami para pedagang kecil binaan Baznas Gresik kelompok emak-emak jaya, kelompok yang dibentuk pada tahun 2018 silam ini terdiri dari ibu – ibu pelaku usaha kecil dari keluarga prasejahtera, ada yang jualan bubur, gorengan, mainan, jajanan, dan lain sebaginya, mereka berdagang dengan cara keliling dan ada pula yang mangkal.

Kelompok yang awalmulanya terdiri dari 14 orang tersebut sekarang sudah menjadi 29 orang.

Pelaku usaha kecil seperti ini lebih cenderung dimanfaatkan oleh rentenir untuk menjadi target empuk, serta iming iming persyaratan mudah dan tidak ribet, akibatnya banyak sekali yang akhirnya terjebak oleh rentenir yang bunganya tentu tidak wajar.

Berawal dari maraknya rentenir itulah Baznas Gresik memberikan bantuan kepada para pelaku usaha kecil untuk membantu pengembangan usahanya. Bantuan hibah ini dikelola oleh kelompok agar nilai bantuan dari Baznas Gresik ini dapat bernilai tambah.

Ibu Ummu Nadziroh mengaku sangat senang dengan adanya program ini, karena bener bener membantu para pedagang kecil, selain itu juga ada pembinaan agar usahanya semakin maju dan ada juga bimbingan agama, begitu tutur beliau.

Saat ini Baznas  Gresik memberikan amanah seniali 12 juta untuk 4 orang pelaku usaha kecil untuk mengembangkan usahanya.

Selanjutnya ke empat orang tersebut akan dimasukkan kedalam kelompok “emak-emak jaya” di desa Randuagung kecamatan Kebomas Gresik tutur Suhanto selaku Pendamping program.

Penyerahanya dilakukan langsung oleh ketua Baznas Gresik H. Abd Munif di balaidesa Desa Randuagung dan dihadiri oleh kepala Desa dan juga ketua PKK. (Hans)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *