Angka Kemiskinan Gresik Turun, Wabup Gresik Apresiasi Kinerja Baznas Gresik

BaznasGresik | Angka kemiskinan di Kabupaten Gresik turun, hal tersebut tidak lepas dari kiprah dan peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik, yang menjadi salah satu lembaga yang tengah berfokus mengentaskan kemiskinan di Kota Pudak.

Penurunan angka kemiskinan itu disampaikan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Pihaknya merasa bersyukur berterima kasih kepada Baznas Gresik, yang bersemangat bersinergi dan membantu pengentaskan kemiskinan.

“Alhamdulillah, kemarin diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa angka kemiskinan di Gresik turun. Dari 12,42 menjadi 11,06,”ucapnya, di sela-sela acara rapat koordinasi dan gathering UPZ serta zakat award tahun 2021, Baznas Gresik, di Hotel Arayanna Trawas.

Lebih lanjut Bu Min, dari sinergitas yang dibangun oleh pemerintah bersama Baznas, dalam hal membantu orang penerima zakat (Mustahik Red), menjadikan memiskinan ekstrim di Gresik, turun hampir 60% dari tahun kemarin.

“Kami target turunkan hingga 0%. Ini menunjukkan semangat dari para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ikut berkontribusi untuk pemerintah Greskk, dalam hal turut membantu menurunkan angka kemiskinan Kabupaten Gresik,” jelas Wabup, Jumat (2/12/2022).

Untuk itu, pihaknya bersama Bupati terus mendorong, kepada perusahaan dan Kepala Desa untuk menjadi UPZ dari perusahaan dan Desa masing masing.

“UPZ akan terus kita tingkatkan, didukung dengan sistem kantor digital Baznas Gresik, yang memudahkan masyarakat untuk berzakat,” tuturnya.

Selain sektor kemiskinan, lanjut Wabup, Baznas Gresik juga turut memberikan kontribusi untuk menekankan angka stunting di Gresik. Hal itu sudah dilakukan, melalui memberi makanan bergizi bagi seratus lebih keluarga yang tidak mampu sepanjang tahun 2022 ini.

“Baznas Gresik mempunyai peran penting, dalam memberikan tambahan-tambahan untuk menyelesaikan kemiskinan, stunting, dan juga masalah bencana,” tambahnya.

“Saya berharap, kedepan semangat Baznas Gresik, untuk memastikan kesejahteraan umat, dapat terus tercermin dalam setiap program yang dilakukan,” harapnya. (Humas Baznas Gresik)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top